Tentang Syaikh Nashiruddin Al-Albani

SYAIKH AL-ALBANI ; “MAMPU MENDHA’IFKAN
HADITS SHAHIH DAN MENSHAHIHKAN HADITS DHA’IF”

A.Karomah Al-Albani Diungkap Oleh Al-Habib
Hasan bin Ali Assegaf

Tulisan al-Habib Hasan bin Ali Assegaf yang berjudul
Tanaqudhat al-Albani al-Wadhihat merupakan kitab yang
menarik dan mendalam dalam mengungkapkan kesalahan
fatal al-Albani. Beliau mencatat 1.500 kesalahan yang
dilakukan al-Albani lengkap dengan data dan faktanya.

Bahkan menurut penelitian ilmiah beliau, ada 7.000
kesalahan fatal dalam buku-buku yang ditulis al-Albani.

Pada kitab Tanaqudhat al-Albani al-Wadhihat dalam juz
pertama beliau memuat 249 kesalahan al-Albani, baik
dari shahih ke dha’if maupun sebaliknya.

Berikut beberapa bukti kongkrit kontradiksi al-Albani
dalam menilai hadits yang telah diteliti oleh al-Habib
Hasan bin Ali Assegaf (cucunda as-Sayyid al-Habib
Abdurrahman Assegaf pengarang kitab Tarsyih al-
Mustafidin Syarh Fath al-Mu’in) dalam kitab beliau yang
berjudul Tanaqudhat al-Albani al-Wadhihat:

1. Hadits Pertama

ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻦ ﻣﺤﻤﻮﺩ ﺑﻦ ﻟﺒﻴﺪ ﻗﺎﻝ : ﺃﺧﺒﺮ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺁﻟﻪ ﻋﻦ ﺭﺟﻞ ﻃﻠﻖ ﺍﻣﺮﺃﺗﻪ ﺛﻼﺙ ﺗﻄﻠﻴﻘﺎﺕ ﺟﻤﻴﻌﺎ ، ﻓﻘﺎﻡ ﻏﻀﺒﺎﻥ ،
ﺛﻢ ﻗﺎﻝ : ) ﺃﻳﻠﻌﺐ ﺑﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰﻭﺟﻞ ﻭﺃﻧﺎ ﺑﻴﻦ ﺃﻇﻬﺮﻛﻢ ؟ (! ﺣﺘﻰ
ﻗﺎﻡ ﺭﺟﻞ ﻓﻘﺎﻝ : ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻻ ﺃﻗﺘﻠﻪ ؟ ! ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ . ﺿﻌﻔﻪ
ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﺗﺨﺮﻳﺞ )ﻣﺸﻜﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ ( ﺍﻟﻄﺒﻌﺔ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ، ﺑﻴﺮﻭﺕ –
ﺳﻨﺔ 1405 ﻩ ﺍﻟﻤﻜﺘﺐ ﺍﻻﺳﻼﻣﻲ )2 / 981 ( ﻓﻘﺎﻝ : ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ ﺛﻘﺎﺕ ﻟﻜﻨﻪ
ﻣﻦ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻣﺨﺮﻣﺔ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻣﻨﻪ . ﺍﻩ ﺛﻢ ﺗﻨﺎﻗﺾ ﻓﺼﺤﺤﻪ
ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ )ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻟﻤﺮﺍﻡ ﺗﺨﺮﻳﺞ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺤﻼﻝ ﻭﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ( ﻃﺒﻌﺔ
ﺍﻟﻤﻜﺘﺐ ﺍﻻﺳﻼﻣﻲ ، ﺍﻟﻄﺒﻌﺔ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ 1405 ﻩ ﺻﻔﺤﺔ )164 ( ﺣﺪﻳﺚ ﺭﻗﻢ
)261 )

“Al-Albani menilainya dha’if dalam Misykat al-Mashabih
juz 2 halaman 981 cetakan III Beirut, 1405 H, al-Maktab
al-Islami. Kemudian ia menilainya shahih dalam kitab
Ghayat al-Maram Takhrij Ahadits al-Halal wa al-Haram
halaman 164 hadis no. 261 cetakan III, Maktab al-Islami,
1405 H.”

2. Hadits Kedua

ﺣﺪﻳﺚ : ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻘﻠﺺ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﻈﻞ ﻭﺻﺎﺭ ﺑﻌﻀﻪ
ﻓﻲ ﺍﻟﻈﻞ ﻭﺑﻌﻀﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻠﻴﻘﻢ( ﺃﻗﻮﻝ : ﺻﺤﺤﻪ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻘﺎﻝ
ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ )1 / 266 / 761 ( ﺻﺤﻴﺢ
ﺍﻻﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ : 835 . ﺍﻩ ﺛﻢ ﺗﻨﺎﻗﺾ ﻓﻀﻌﻔﻪ ﻓﻲ : ﺗﺨﺮﻳﺞ
)ﻣﺸﻜﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ ( )3 / 1337 / ﺑﺮﻗﻢ 4725 ﺍﻟﻄﺒﻌﺔ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ( ﻭﻗﺪ
ﻋﺰﺍﻩ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻮﺿﻌﻴﻦ ﺇﻟﻰ ﺳﻨﻦ ﺃﺑﻲ ﺩﺍﻭﺩ .

“Al-Albani menilainya shahih dalam kitab Shahih al-
Jami’ ash-Shaghir wa Ziyadatuhu juz 1 halaman 266 dan
dalam Shahih al-Hadits ash-Shahihah hadits no. 835.
Kemudian al-Albani menilainya dha’if dalam kitab
Misykat al-Mashabih juz 3 halaman 1337 hadis no. 4725
Cetakan III.”

3. Hadits Ketiga

ﺣﺪﻳﺚ : ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺣﻖ ﻭﺍﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ … ﺿﻌﻔﻪ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ :
ﺗﺨﺮﻳﺞ )ﻣﺸﻜﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ ( )1 / 434( : ﻓﻘﺎﻝ : ﺭﺟﺎﻟﻪ ﺛﻘﺎﺕ ﻭﻫﻮ
ﻣﻨﻘﻄﻊ ﻛﻤﺎ ﺃﺷﺎﺭ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﺍﻩ ﺑﻤﻌﻨﺎﻩ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺘﻨﺎﻗﻀﺎﺕ ﺃﻧﻪ : ﺃﻭﺭﺩ
ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻓﻲ ﺇﺭﻭﺍﺀ ﺍﻟﻐﻠﻴﻞ ) 3 / 54 / ﺑﺮﻗﻢ 592 ( ﻭﻗﺎﻝ : ﺻﺤﻴﺢ . ﺍﻩ
ﻓﺘﺪﺑﺮﻭﺍ ﻳﺎ ﺃﻭﻟﻲ ﺍﻻﻟﺒﺎﺏ .

“Al-Albani menilai dha’if dalam kitab Misykat al-
Mashabih juz 1 halaman 434, ia berkata: “Perawinya
terpercaya tetapi hadits ini terputus sebagaimana
isyarah Abu Dawud.” Namun hadits ini dicantumkan oleh
al-Albani dalam kitab Irwa’ al-Ghalil juz 3 halaman 54
hadits no. 592. Al-Albani berkata: “Hadits ini shahih.”

4. Hadits Keempat

ﺣﺪﻳﺚ : ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ : ) ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺳﻤﻊ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ(
ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ . ﺻﺤﺤﻪ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ : )ﺇﺭﻭﺍﺀ ﺍﻟﻐﻠﻴﻞ ( )3 / 58(
ﻓﻘﺎﻝ : ﺣﺴﻦ . ﺍﻩ ﻭﻧﺎﻗﺾ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﻀﻌﻔﻪ ﻓﻲ : ﺗﺨﺮﻳﺞ ﻣﺸﻜﺎﺓ
ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ 1 / 343 ( )ﺑﺮﻗﻢ 1375( ﺣﻴﺚ ﻗﺎﻝ : ﺳﻨﺪﻩ ﺿﻌﻴﻒ . ﺍﻩ

“Al-Albani menilai shahih dalam kitab Irwa’ al-Ghalil juz
3 halaman 58. Al-Albani berkata: “Hadits ini hasan.”
Tetapi al-Albani menilainya dha’if dalam kitab Misykat
al-Mashabih juz 1 halaman 343 hadits no. 1375. Al-
Albani berkata: “Sanadnya dha’if.”

5. Hadits Kelima

ﺣﺪﻳﺚ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻛﺎﻥ
ﻳﻘﻮﻝ : )ﻻ ﺗﺸﺪﺩﻭﺍ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻔﺴﻜﻢ ﻓﻴﺸﺪﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﺈﻥ ﻗﻮﻣﺎ
ﺷﺪﺩﻭﺍ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻔﺴﻬﻢ ﻓﺸﺪﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻬﻢ . . . ( ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ . ﺿﻌﻔﻪ
ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ : ) ﺗﺨﺮﻳﺞ ﺍﻟﻤﺸﻜﺎﺓ( )1 / 64 ( ﻓﻘﺎﻝ : ﺑﺴﻨﺪ ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻩ .
ﺛﻢ ﺗﻨﺎﻗﺾ ﻓﺤﺴﻨﻪ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺗﺨﺮﻳﺠﻪ ﻓﻲ )ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻟﻤﺮﺍﻡ( ﺹ ) 141(
ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﺣﻜﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻫﻨﺎﻙ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺎﻟﻀﻌﻒ ﻓﻘﺎﻝ : ﻓﻠﻌﻞ ﺣﺪﻳﺜﻪ ﻫﺬﺍ
ﺣﺴﻦ ﺑﺸﺎﻫﺪﻩ ﺍﻟﻤﺮﺳﻞ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻗﻼﺑﺔ . ﺍﻩ

“Al-Albani menilai dha’if dalam kitab Misykat al-
Mashabih juz 1 halaman 64. Al-Albani berkata:
“Diriwayatkan dengan sanad yang dha’if.” Tapi al-Albani
menilainya hasan dalam kitab Ghayat al-Maram halaman
141, setelah menghukuminya dha’if, al-Albani berkata:
“Semoga hadits ini hasan dengan dalil penguat secara
mursal dari Abu Qilabah.”

6. Hadits Keenam

ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻟﺴﻴﺪﺓ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻗﺎﻟﺖ : ) ﻣﻦ ﺣﺪﺛﻜﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﺒﻮﻝ ﻗﺎﺋﻤﺎ ﻓﻼ ﺗﺼﺪﻗﻮﻩ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻳﺒﻮﻝ ﺇﻻ
ﻗﺎﻋﺪﺍ ( ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ . ﺿﻌﻔﻪ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﺗﺨﺮﻳﺞ
)ﻣﺸﻜﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ( )1 / 117( ﻓﻘﺎﻝ : ﺍﺳﻨﺎﺩﻩ ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻩ ﺛﻢ ﻣﻦ
ﺗﻨﺎﻗﻀﺎﺗﻪ ﺃﻧﻪ ﺻﺤﺤﻪ ﻓﻲ ﺳﻠﺴﻠﺔ ﺍﻻﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ )1 / 345
ﺑﺮﻗﻢ 201( ﻓﺘﺄﻣﻞ ﺃﺧﻲ ﺍﻟﻘﺎﺭﺉ

“Al-Albani menilai dha’if dalam kitab Misykat al-
Mashabih juz 1 halaman 171. Al-Albani berkata:
“Sanadnya dha’if.” Tapi al-Albani menilainya shahih
dalam Silsilat al-Ahadits ash-Shahihah juz 1 halaman
345 hadits no. 201.”

7. Hadits Ketujuh

ﺣﺪﻳﺚ : ﺛﻼﺛﺔ ﻻ ﺗﻘﺮﺑﻬﻢ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺟﻴﻔﺔ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮ ﻭﺍﻟﻤﺘﻀﻤﺦ ﺑﺎﻟﺨﻠﻮﻕ
ﻭﺍﻟﺠﻨﺐ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﺘﻮﺿﺄ ( ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ . ﺻﺤﺤﻪ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ
)ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ( )3 / 71 ﺑﺮﻗﻢ 3056( ﻓﻘﺎﻝ :ﺣﺴﻦ
ﺗﺨﺮﻳﺞ ﺍﻟﺘﺮﻏﻴﺐ )1 / 91 ( . ﺍﻩ ﻭﻣﻦ ﺗﻨﺎﻗﻀﺎﺗﻪ ﺃﻧﻪ ﺿﻌﻔﻪ ﻓﻲ
ﺗﺨﺮﻳﺞ )ﻣﺸﻜﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ ( )1 / 144 ﺑﺮﻗﻢ 464 ( ﻓﻘﺎﻝ : ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ
ﺛﻘﺎﺕ ﻟﻜﻨﻪ ﻣﻨﻘﻄﻊ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ ﻭﻋﻤﺎﺭ ﻓﺈﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻣﻨﻪ ﻛﻤﺎ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺮﻏﻴﺐ )1 / 91 ) .

“Al-Albani menilainya shahih dalam kitab Shahih al-
Jami’ hadits no. 3056, ia berkata: “Hadits ini hasan.”
Tetapi al-Albani menilainya dha’if dalam kitab Takhrij
Misykat al-Mashabih hadits no. 464. Al-Albani berkata:

“Perawinya terpercaya, tetapi hadits ini terputus antara
Hasan Bashri dan Ammar.”



B.  Persaksian Para Ulama Tentang Karomah Syaikh Al-
Albani


Kesalahan al-Albani tidak hanya diakui oleh murid-
muridnya sendiri. Kenyataan ini juga diakui oleh Syaikh
Yusuf Qardhawi di dalam tanggapan beliau terhadap al-
Albani yang mengomentari hadits-hadits di dalam
kitabnya berjudul al-Halal wa al-Haram fi al-Islam,
sebagai berikut:

“Oleh sebab itu, penetapan Syaikh al-Albani tentang
dha’ifnya suatu hadits bukan merupakan hujjah yang
qath’i (pasti) dan sebagai kata pemutus. Bahkan dapat
saya katakan bahwa Syaikh al-Albani kadang-kadang
mendha’ifkan (melemahkan) suatu hadits dalam satu
kitab dan mengesahkannya (menshahihkannya) dalam
kitab lain.” (Lihat dalam Halal dan Haram karya DR.
Yusuf Qardhawi, Robbani Press, Jakarta, 2000, hal. 417).
Syaikh Yusuf Qardhawi juga banyak menghadirkan bukti-
bukti kecerobohan al-Albani dalam menilai hadis yang
sekaligus menunjukkan sikapnya yang “tanaqudh”.
Dengan demikian, apabila mayoritas ulama sudah
menegaskan penolakan tersebut, berarti Nashiruddin al-
Albani itu memang tidak layak untuk diikuti dan
dijadikan panutan. Diantara ulama yang mengkritik al-
Albani adalah:


1. Al-Imam al-Jalil al-Musniduddunya asy-Syaikh
Muhammad Yasin bin Isa al-Fadani penulis kitab ad-Durr
al-Mandhud Syarh Sunan Abi Dawud dan Fath al-‘Allam
Syarh Bulugh al-Maram.

2. Al-Hafidz Abdullah al-Ghummari dari Maroko.

3. Al-Hafidz Abdul Aziz al-Ghummari dari Maroko.

4. Al-Hafidz Abdullah al-Harari al-Abdari dari Lebanon
pengarang Syarh Alfiyah as-Suyuthi fi Mushthalah al-
Hadits.

5. Al-Muhaddits Mahmud Sa’id Mamduh dari Uni Emirat
Arab pengarang kitab Raf’u al-Manarah li Takhrij Ahadits
at-Tawassul wa az-Ziyarah.

6. Al-Muhaddits Habiburrahman al-A’dzami dari India.

7. Asy-Syaikh Muhammad bin Ismail al-Anshari seorang
Peniliti Komisi Tetap Fatwa Wahabi dari Saudi Arabia.

8. Asy-Syaikh Muhammad bin Ahmad al-Khazraji Menteri
Agama dan Wakaf Uni Emirat Arab.

9. Asy-Syaikh Badruddin Hasan Dayyab dari Damaskus.

10. Asy-Syaikh Muhammad Arif al-Juwaijati.

11. Asy-Syaikh al-Habib Hasan bin Ali Assegaf dari
Yordania.

12. Al-Imam Prof. Dr. Al-Muhaddits al-Haramain as-
Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dari Mekkah
pengarang kitab Mafahim Yajibu an Tushahhah.

13. Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin dari
Najd, seorang ulama Wahabi yang menyatakan bahwa al-
Albani tidak memiliki pengetahuan agama sama sekali.

14. Dan lainnya. Yana mana masing-masing ulama
tersebut telah mengarang kitab sebagai bantahan
terhadap al-Albani.



C. Syaikh Al-Albani Mendha’ifkan Hadits Shahih Bukhari
dan Muslim


Kesalahan fatal dan sembrono al-Albani juga nampak
jelas ketika ia banyak menilai dha’if dalam kitab Shahih
Bukhari dan Shahih Muslim, yang telah dinobatkan oleh
umat sebagai kitab hadits yang paling valid (shahih)
setelah al-Quran. Berikut diantara bukti nyata bahwa al-
Albani merasa lebih hebat dari Imam Bukhari dan Imam
Muslim:

1. Hadits Pertama

ﺣﺪﻳﺚ : ) ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻧﺎ ﺧﺼﻤﻬﻢ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ : ﺭﺟﻞ
ﺃﻋﻄﻰ ﺑﻲ ﺛﻢ ﻏﺪﺭ ، ﻭﺭﺟﻞ ﺑﺎﻉ ﺣﺮﺍ ﻓﺄﻛﻞ ﺛﻤﻨﻪ ، ﻭﺭﺟﻞ ﺍﺳﺘﺄﺟﺮ
ﺃﺟﻴﺮﺍ ﻓﺎﺳﺘﻮﻓﻰ ﻣﻨﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﻌﻄﻪ ﺃﺟﺮﻩ( ( . ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﺿﻌﻴﻒ
ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ( )4 / 111 ﺑﺮﻗﻢ 4054( : ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ
)2114 ( ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ) ﺿﻌﻴﻒ ) ! ! !

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
4054. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari no.
2114.”

2. Hadits Kedua

ﺣﺪﻳﺚ : )ﻻ ﺗﺬﺑﺤﻮﺍ ﺇﻻ ﺑﻘﺮﺓ ﻣﺴﻨﺔ ، ﺇﻻ ﺃﻥ ﺗﺘﻌﺴﺮ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﺘﺬﺑﺤﻮﺍ
ﺟﺬﻋﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﺄﻥ( . ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ) ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ( )6 /
64 ﺑﺮﻗﻢ 6222( : ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻣﺴﻠﻢ )1963 ( ﻭﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ
ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ ) ﺿﻌﻴﻒ ) ! ! ! .

“Al-Albani berkata: “Hadis ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
6222. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no.
1963.”

3. Hadits Ketiga

ﺣﺪﻳﺚ : ) ﺇﻥ ﻣﻦ ﺷﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﺰﻟﺔ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺍﻟﺮﺟﻞ
ﻳﻔﻀﻲ ﺇﻟﻰ ﺍﻣﺮﺃﺗﻪ ، ﻭﺗﻔﻀﻲ ﺇﻟﻴﻪ ﺛﻢ ﻳﻨﺸﺮ ﺳﺮﻫﺎ ( . ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ
)ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ ( ) 2 / 197 ﺑﺮﻗﻢ 2005 ( : ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ
)1437 ( ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ ” ) ﺿﻌﻴﻒ ) ! ! ! .

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
2005. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no.
1437.”

4. Hadits Keempat

ﺣﺪﻳﺚ : )ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻡ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻓﻠﻴﻔﺘﺘﺢ ﺻﻼﺗﻪ ﺑﺮﻛﻌﺘﻴﻦ
ﺧﻔﻴﻔﺘﻴﻦ ( ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ) ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ ( )1 / 213
ﺑﺮﻗﻢ 718 ( : ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻣﺴﻠﻢ ) 768( ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ
) ﺿﻌﻴﻒ ) ! !

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
719. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 769.”

5. Hadits Kelima

ﺣﺪﻳﺚ : ) ﺃﻧﺘﻢ ﺍﻟﻐﺮ ﺍﻟﻤﺤﺠﻠﻮﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ، ﻣﻦ ﺇﺳﺒﺎﻍ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ،
ﻓﻤﻦ ﺍﺳﺘﻄﺎﻉ ﻣﻨﻜﻢ ﻓﻠﻴﻄﻞ ﻏﺮﺗﻪ ﻭﺗﺤﺠﻴﻠﻪ ( )1( ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ
) ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ( )14 / 2 ﺑﺮﻗﻢ 1425( : ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ) 246(
ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ) ﺿﻌﻴﻒ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻟﺘﻤﺎﻡ ) .

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
1425. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 246.”

6. Hadits Keenam

ﺣﺪﻳﺚ : ) ﺇﻥ ﻣﻦ ﺃﻋﻈﻢ ﺍﻻﻣﺎﻧﺔ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻳﻔﻀﻲ
ﺇﻟﻰ ﺍﻣﺮﺃﺗﻪ . . . ( )2 ( . ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ) ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ(
)2 / 192 ﺑﺮﻗﻢ 1986( : ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻣﺴﻠﻢ )1437( ﻭﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﻋﻦ
ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ ) ﺿﻌﻴﻒ ) ! ! .

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
1986. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no.
1437.”

7. Hadits Ketujuh

ﺣﺪﻳﺚ : ) ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻻﻭﺍﺧﺮ ﻣﻦ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﻜﻬﻒ ﻋﺼﻢ ﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ
ﺍﻟﺪﺟﺎﻝ (. ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ) ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ ( )5 / 233
ﺑﺮﻗﻢ : 5772 ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻣﺴﻠﻢ )809( ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺪﺭﺩﺍﺀ
) ﺿﻌﻴﻒ ) ! !

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
1986. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no.
1437.”

8. Hadits Kedelapan

ﺣﺪﻳﺚ : ) ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﺮﺱ ﻳﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺍﻟﻠﺤﻴﻒ ( .
ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﺿﻌﻴﻒ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺯﻳﺎﺩﺗﻪ( )4 / 208 ﺑﺮﻗﻢ 4489 :
ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ )2855 ( ﻋﻦ ﺳﻬﻞ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ ) ﺿﻌﻴﻒ ) ! ! ! .

“Al-Albani berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam kitabnya
yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no.
4489. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari no.
2855.”


Walhasil :

 Syaikh Nashiruddin al-Albani bukanlah al-
Hafidz yang berhak memberi penilaian status suatu
hadits. 

Jangankan menjadi al-Hafidz, 
untuk memenuhi
kriteria sebagai al-Muhaddits saja masih sangat jauh.
Masihkah Anda lebih percaya pada takhrijnya al-Albani
yang berlumur kontradiksi dengan mengalahkah ulama
sekaliber al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani, al-Hafidz as-
Suyuthi, al-Hafidz adz-Dzahabi dan para ahli hadits
lainnya?


Share :